A BRIEF’S ME

13

Najip Hendra SP, memulai pergumulannya dengan dunia jurnalistik saat menjadi pegiat Unit Pers Mahasiswa (UPM) di almamaternya, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Selain sempat memimpin lini penerbitan surat kabar mahasiswa Isola Pos, pria kelahiran Majalengka 21 Desember 1980 ini sukses membidani lalu kemudian memimpin portal berita internet Isola Pos Online.

Najip memulai karir profesionalnya dengan menjadi reporter sampai kemudian menjadi koordinator liputan di Harian Pagi Radar Bandung, sebuah media lokal milik Jawa Pos. Setelah empat tahun, dia memilih memasuki penerbitan buku dengan menjadi editor di Penerbit Salamadani, sebuah anak perusahaan raksasa perbukuan Grafindo Media Pratama yang khusus menerbitkan buku umum di Bandung. Di sinilah dia sempat membantu Shahnaz Haque menulis buku Smart Parenting dan menyunting sejumlah buku, di antaranya 10 buku Ustad Yusuf Mansur.

Merasa kurang cocok menjadi pekerja kantoran, lulusan UPI yang menulis skripsi Islam dalam Perspektif Tan Malaka ini kembali memasuki ranah jurnalistik dengan menjadi redaktur di Harian Umum Bandung Ekspres. Potensi lainnya mengantarkan dia ke posisi manajer iklan di media lokal tersebut. Setahun kemudian, Najip ikut membidani koran lokal Sumedang Ekspres di Sumedang yang masih satu grup dengan Bandung Ekspres. Selain menjadi redaktur untuk rubrik ekonomi dan olahraga, Najip juga dipaksa mengoordinasi kegiatan off print dan memimpin divisi pengembangan usaha.

Sadar potensinya terhambat di kota kecil, Najip memutuskan kembali ke Bandung. Di sini Najip kembali menekuni usaha pribadinya, meneruskan jasa manajemen media hingga produksi media yang sempat dilantarkannya selama di Sumedang. Mengusung nama Litera Media, Najip dipercaya mengelola Majalah Dadali (media internal Perum Perhutani Unit III Jawa Barat dan Banten), Majalah Warta Kencana (media internal Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional Jawa Barat), Majalah Mahoni (media internal Serikat Karyawan Perhutani Pusat), dan Tabloid Alumni Network (media milik Ikatan Alumni UPI) yang seluruhnya masih berjalan hingga saat ini.

Sebagai penyedia jasa produksi, Litera Media juga mengerjakan Majalah Lesung (media advokasi pengembangan masyarakat milik FPPM), Warta AMA (media milik Asosiasi Manajer Indonesia), dan sejumlah pekerjaan lain yang lebih parsial. Di bagian lain, Najip kerap menjadi pembicara seputar jurnalistik di sejumlah kampus di Bandung, seperti UPI, Universitas Katolik Maranatha, Universitas Winaya Mukti, Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Bandung, Kelompok Pecinta Alam Mahacita, dan lain-lain.

Sebagai pegiat organisasi, Najip sempat memimpin Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah di almamaternya. Pada saat bersamaan, dia aktif sebagai pengurus Unit Pers Mahasiswa UPI. Dia juga membidani kelahiran Komunitas Jurnalis Pendidikan Bandung (Kom JPB) sekaligus menciptakan lambang perkumpulannya, anggota Forum Wartawan Hiburan Bandung, Forum Diskusi Wartawan Ekonomi Bandung, Ikatan Penulis Keluarga Berencana, dan lain-lain.

Kini, Najip bersama sejumlah kawannya membangun sebuah perkumpulan baru yang fokus pada advokasi dan pengembangan media, Studi Komunikasi dan Informasi Pembangunan (eSKIP). Lembaga ini terbuka untuk bermitra dengan semua kalangan.

13 thoughts on “A BRIEF’S ME

  1. Mung says:

    Tulisan di banner atas mestinya bukan “a another journal of Najip HS Parino” tapi “another journal of Najip HS Parino”. Ya, tanpa “a”, karena “an” dalam “another” sudah menunjukan “lainnya (other)” yang tunggal (kecuali jamak, maka ditulis “others”) dan fungsi “an” dalam “another” adalah menggantikan “a”. Haha. Rek di japri, tapi teu apal imel na. Lamun comment ieu geus dibaca, hapus we.

  2. ahmadnajip says:

    hi juga!

  3. DharmaLubis says:

    hai aa najip masih ingat dharma gak? ingat ma jrink jug agak? yang dulu PKL di radar Bandung. hehehe yang dulu nakal dan suka berkelakar..wah…wah..tampaknya makin sukses aja nih…. jadi ingat dulu pengalaman liputan di secapa. hehehe seru banget. thanx buat sharing ilmu dan pengalamannya ya…salam buat keluarga ya…salam.!!!

  4. ahmadnajip says:

    thx mung, sudah diganti, heheh

  5. mamaqdude says:

    Gigin udah berhenti ya dari Jawa Pos

  6. ahmadnajip says:

    yups, gigin sekarang satu kantor sama saya, bos… dia di bandung… kapan ke bandung, maq?

  7. hermsylar says:

    Keren oge tulisanna Jip, Jadi terinspirasi niy tertuama MIYABI, hehehe

  8. Yudaningsih says:

    Assalamuálaikum,
    Gimana kabarnya kang ? masih emut pribados teu ? alumni suaka tea sama-sama pernah di FPMB era 98-an.
    If you have more a time, enggal diwaler langsung ke emailku/ fb alamatnya sama dengan e mail. Salam tuk teh Ika yah..juga keluarga
    Wassalam,

  9. YasminNCH says:

    *lihat-lihat blog* houu… yayaya… kok violetnya ga ditulis kang?😀

  10. Boleh gabung di Eskip?

  11. ahmadnajip says:

    boleh. mainkan!

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: