Menjadi Manajer Sukses Islami

2

June 18, 2008 by ahmadnajip

Judul : Menjadi Manajer Sukses
Penulis : Muhammad Fathi
Tebal : viii + 217 halaman
Terbit : Maret 2006
Penerbit : Syaamil Cipta Media, Bandung
Harga : Rp 35.800,00

MENJADI manajer sebuah perusahaan merupakan pencapaian tertinggi dalam karir seseorang. Pada pundak manajer itulah dibebankan aneka tanggung jawab perusahaan. Tentu, yang utama adalah tanggung jawab manajerial. Dialah yang dituntut menjadi dinamisator sekaligus akselerator jalannya perusahaan.

Nah, masalahnya sekarang adalah bagaimana mengemban amanah itu? Apalagi, bila kedatangan amanah itu secara tiba-tiba. Penulis buku ini, Muhammad Fathi, memberikan stimulan menarik untuk mengantar pembacanya memahami arti penting manajerial. Atau, bagaimana menjadi manajer yang dianggapnya sukses.

“… ketika Anda baru bangun tidur suatu pagi, tiba-tiba sepucuk surat tergeletak di depan pintu kamar. Isinya adalah ‘tantangan baru’, Anda diangkat menjadi manajer baru di perusahaan tempat Anda bekerja’. Tentu saja, Anda akan merasa gembira sekali. Akan tetapi, ketika Anda menyadari bahwa tanggung jawab yang ada di pundak Anda begitu berat, boleh jadi kegembiraan itu akan berubah menjadi kebingungan dan kegelisahan…” (hal v).

Ah, tentu saja kalimat pembuka Fathi tadi tidak sedang menakut-nakuti pembacanya untuk menjadi manajer. Saya sendiri lebih suka menyebut penulis buku sedang me-warning calon pembacanya. Fathi tidak ingin menjebak calon pembaca kepada sebuah utopia jabatan prestisius yang serba enak. Sebagai gantinya, Fathi ingin menegaskan pentingnya rumus jitu menjadi seorang manajer sukses di dunia usaha.

Dalam bukunya yang dibalut cover bernuansa kuning plus ilustrasi kartun yang cukup menarik, penulis merangkum semua kiat manajemen ke dalam satu konsep “kecapakan manajerial”. Enam poin yang dikekedepankan Fathi dalam menu yang disajikannya itu. Yakni, perencanaan, optimalisasi pekerja, komunikasi yang efektif, pemberian upah pekerja, mengatasi konflik, mengevaluasi pekerjaan bawahan.

Untuk mengupas sekadarnya, ambil saja contoh bagian perencanaan yang ditampilkan pada bab pembuka. Di sini, penulis mencoba mengeksplorasi seputar konsep perencanaan, mulai esensi perencanaan, alasan perlunya perencanaan, prinsip, hingga evaluasi perencanaan. Bagi Fathi, perencanaan tidak semata dibuat alam kerangka teoritis. Lebih dari itu, perencanaan harus mampu diterjemahkan ke dalam tataran praktikal. Dengan begitu, perencanaan mestilah realiastis dan mampu dilaksanakan di lapangan (hal 1).

Saat mengurai alasan perlunya perencanaan, penulis menyodorkan empat hal mengapa seorang manajer perlu membuat perencanaan. Pertama, adanya kesenjangan waktu antara keputusan terkini dan out put pada masa datang. Kedua, bertambahnya problematika organisasi perusahaan. Ketiga, melakukan berbagai kewajiban tersisa. Dan keempat, bertambahnya perubahan eksternal perusahaan.

Semua itu dilakukan dengan mengedepankan prinsip kontinuitas, futuristik, komprehensif, fleksibilitas, berperan dalam menuykseskan tujuan, profesionalisme, penentuan waktu, gradual, dan realistis (hal 7). Dengan prinsip tadi, manajer akan mampu mengondisikan persiapan dan mengonfigurasi tujuan secara jelas.

Di bagian akhir, bacaan renyah yang melengkapi diri dengan sederet lampiran matriks manajemen ini menyoroti evaluasi kerja. Menurut Fathi, evaluasi kerja adalah anaslisis tipe-tipe dan tingkatan-tingkatan pola kerja karyawan dan pegawai. Selain itu, menjadi upaya mengidentifikasi tingkat profesionalitas pada masa kini dan masa datang (hal 197).

Pada akhirnya, buku yang diembel-embeli “Seri Manajemen Islami” ini tidak berlebihan bila dianggap sebagai salah satu referensi penting bagi praktisi manajemen. Menyoal terma islami tadi, saya sebenarnya tidak menemukan adanya bahasan yang menghubungkan antara konsep manajemen konvensional dengan Islam. Meski begitu, tidak dengan sendirinya menurunkan gizi buku ini. Selamat membaca! (Najip HS Parino)

2 thoughts on “Menjadi Manajer Sukses Islami

  1. Abu Vaneisya says:

    Resep, euy, kabeli meuli, macaan, jeung ngareview buku.
    Kabita….

  2. kupukupuputtih says:

    ada yang tau mengenai biografi penulis gak?? sulit sekali dicarii di google🙂

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: